Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra meninjau kesiapan Pelabuhan Padangbai menghadapi arus mudik Lebaran, Selasa (26/4/2022). (Foto: iNews/Yunda Ariesta)
Yunda Ariesta

KARANGASEM, iNews.id - Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra meninjau kesiapan Pelabuhan Padangbai di Karangasem menghadapi arus mudik Lebaran. Arus mudik di pelabuhan tersebut diperkirakan mencapai puncaknya pada H-3

"Kami cek Padangbai karena menghubungkan Bali dengan Pulau Lombok yang menjadi tujuan mudik," kata Putu Jayan, Selasa (26/4/2022).

Hasil pengecekan, Pelabuhan Padangbai dinilai telah siap melayani arus mudik yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada H-3 Hari Raya Idul Fitri. 

Menurut Putu Jayan, pengalaman Pelabuhan Padangbai saat penyelenggaraan MotoGP di Mandalika Lombok beberapa waktu lalu menjadi hal penting dalam pengelolaan pelabuhan.

Arus mudik di Pelabuhan Padangbai, Bali. (Foto: iNews/Yunda Ariesta)

Saat itu Pelabuhan Padangbai bisa menyesuaikan waktu bongkar muat kapal. Ketika terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan, waktu bongkar muat bisa dipercepat menjadi hanya 30 menit.

"Melihat situasi dan pengalaman saat MotoGP Mandalika, Lebaran ini akan diterapkan kembali untuk mudik," katanya.  

Arus mudik di Pelabuhan Padangbai didukung oleh 22 kapal. Tiap kapal bisa berjalan 13 rit dalam sehari. Untuk mengantisipasi antrean kendaraan, telah disiapkan kantong-kantong parkir di tiga lokasi yakni Kusamba, Goa Lawah, dan Yeh Malet.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT